Teknik dan Panduan Membuat Kutipan dengan Citation dan Daftar pustaka dengan Bibliography
A. Pengertian Kutipan
Kutipan (citation) adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seseorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku-buku maupun majalah-majalah. Fungsi utama kutipan dalam karya ilmiah adalah menegaskan isi uraian atau membuktikan kebenaran yang diajukan oleh penulis berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh dari literatur, pendapat seseorang atau pakar, bahkan pengalaman empiris. Jadi kutipan hanya berfungsi sebagai bahan bukti untuk menunjang pendapat kita.
Cara pembuatan Kutipan/Citation
- Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada Style.
- Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau yang lainnya.
- Klik pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
- Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
- Klik Add New Source untuk membuka kotak dialog Create Source.
- Pada Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.
- Ketik informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah kotak dialog.
- Pada beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.
- Centang kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.
- Klik OK bila sudah selesai.
- Pada dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada dokumen.
Cara mencari kutipan tersedia
Gunakan fitur ini untuk mencari kutipan pada daftar yang panjang atau untuk menemukan kutipan yang digunakan pada dokumen MS Word yang lain.
- Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Manage Sources.
- Perlu diperhatikan:
- Bila membuka dokumen baru, semua sumber yang pernah digunakan pada dokumen sebelumnya akan muncul di bagian Master List.
- Jika membuka dokumen yang memiliki kutipan, sumber untuk kutipan tersebut akan muncul di bagian Current List.
- Untuk mencari sumber tertentu, lakukan hal berikut:
- Pada kotak sortiran, pilih apakah sumber akan diurutkan berdasarkan tahun (Sort by Year), penulis (Sort by Author), judul (Sort by Title), atau berdasarkan tag (Sort by Tag).
- Pada kotak Search, ketik judul atau nama penulis yang ingin dicari.
- Klik Close bila sudah selesai.
Cara edit sumber kutipan :
- Cari sumber yang ingin diedit dengan cara di atas (menggunakan Manage Sources).
- Klik sumber tersebut di bagian Master List (bila ingin merubah data di Master List). Atau klik sumber di Current List bila ingin mengubah data di sini.
- Klik tombol Edit dan lakukan perubahan yang diinginkan.
- Klik OK bila sudah selesai. Microsoft Word akan meminta konfirmasi apakah Anda ingin melakukan perubahan di Master List dan Current List.
Selanjutny setelah dilakukan diatas lalu gunakan dibawah ini sebagai berikut :
- Klik Yes, bila ingin perubahan disimpan pada kedua daftar tersebut.
- Klik No, bila perubahan hanya untuk daftar yang dipilih.
- Klik Close untuk menutup kotak dialog.
Cara membuat dan edit placiholder kutipan :
- Membuat Placeholder Kutipan
- Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada Style.
- Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
- Klik pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan placeholder.
- Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.
- Klik Add New Placeholder .
- Ketik nama untuk placeholder dan klik OK bila sudah selesai.
- Mengedit Placeholder Kutipan
- Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Manage Sources.
- Pada Current List, klik placeholder yang ingin diedit (placeholder ditandai dengan tanda tanya dan diurutkan berdasarkan abjad).
- Klik tombol Edit dan isi informasi yang diperlukan.
- Klik OK bila sudah selesai.
B. Cara membuat daftar pustaka ( bibliography )
Sebelum membuat daftar pustaka (bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan) terlebih dahulu (minimal 1).
- Klik pada bagian halaman dokumen untuk membuat daftar pustaka (bibliografi). Bila perlu gunakan Section Break untuk membuatnya di section yang baru.
- Pada References tab, in the Citations & Bibliography group, klik Bibliography.
- Klik pada Bibliography yang tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
- Klik pada daftar pustaka (bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan (mengubah tipe dan ukuran font, warna dan sebagainya).
- Bila ada perubahan data, klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut.
- Klik Update Citations and Bibliography.
Setelah itu maka akan terlihat seperti gambar diatas dalam pembuatan daftar pustaka ( bibliography )
Komentar
Posting Komentar