Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art & Watermark, Page border, Smart art, Footnote & Comment
A. Drop Cap
Drop Cap adalah suatu huruf awal
teks yang diberi tatanan khusus dari teks lainnya. Sebetulnya tatanan drop cap
adalah huruf yang diberi Frame, tetapi dilakukan secara otomatis, untuk membuat
Drop Cap lakukan langkah-langkah berikut :
1. Letakan kursur di paragraf yang akan
diberi tatanan Drop Cap
2. Pilih Menu Format-Drop Cap
3. Tentukan tatanan yang diinginkan,
seperti position untuk menentukan posisi Drop Cap terhadap teks yang lain
sesuai dengan bentuk tampilan. Font untuk menentukan Font Drop Cap, Line to
Drop menentukan berapa baris ukuran Drop Cap relative terhadap teks lainnya.
4. Diostance From Text menentukan jarak
antara Drop Cap dengan teks lainnya lalu klik Ok.
B. Columns
Dalam mengetik dokumen berbentuk
Model beberapa colomns dalam suatu
dokumen tersendiri dari pengetikan dengan jumlah columns yang berbeda.
Untuk membuat dokumen berbentuk
kolom ikutilah langkah-langkah berikut ini :
1. Ketik terlebih dahulu dokumen anda.
2. Setelah selesai diketik, pilih lah
(Blok) dokumen yang akan dibuat dengan bentuk kolom.
3. Pilihlah menu Format-Colomns atau
klik ikon colomns.
4. Tentukan pilihan kolom yang sesuai,
seperti :
§ Presets, untuk menentukan jenis
kolom yang diinginkan.
§ Number of Columns, beberapa jumlah
kolom yang akan dibuat.
§ Line between, membuat garis
ditengah-tengah kolom.
5. Klik Ok
( Catatan : Anda dapat mengatur
tatanan kolom sebelum mengetik dokumen, dengan catatan bentuk kolom tidak dapat
dirubah kebentuk lain sebelum masuk kehalaman baru jangan lupa merubah perintah
pada Apply to menjadi This selection ).
C. Header
& footer
Header adalah suatu teks yang
tercetak dibagian atas setiap halaman (termasuk nomor halaman). Sedangkan
Footer tercetak disetiap halaman pada bagian bawah halaman.
Untuk memebuat Header dan Footer
ikutilah Langkah-langkah berikut :
1. Pilih menu View-Header and Footer
2. Ketik Header & footer yang anda
inginkan. Kalau perlu juga dapat mengatur nomor halaman, menyisipkan tulisan,
tanggal dan jam serta mengatur tatanan header dan footer.
3. Klik close jika sudah selesai.
(
Jika header dan footer akan dihapus cukup pilih/blok dengan mengklik bagian
margin kiri header atau footernya lalu tekan tombol del ).
D. Clip
Art & Watermark
Clipart adalah sebuah gambar ilustrasi elektronik yang sengaja dibuat untuk mengilustrasikan sebuah objek yang berkaitan dengan isi dari sebuah dokumen elektronik dengan tujuan untuk memperindah atau memperjelas arti dari kalimat yang terdapat dalam dokumen elektronik tersebut.
langkah-langakah untuk menyisipkan obyek gambar Clip Art adalah sebagai berikut :
1. Pilih perintah menu Insert -> Picture -> Clip Art, sehingga akan tampil jendela task pane Clip Art.
2. Klik pilihan Organize Clips untuk membuka yang berisi gambar yang dapat disisipkan.
3. Pilih salah satu kelompok gambar yang akan disisipkan, misalnya kelompok Agriculture.
4. Klik gambar yang akan disisipkan, kemudian geser ke dalam dokumen yang terbuka.
watermark/tanda air adalah sebuah tulisan atau logo yang biasa ditemukan pada sebuah karya digital atau manual.
langkah-langkah pembuatan watermark sebagai berikut :
- Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
- Lakukan hal berikut:
- Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential, klik pada teks tersebut.
- Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
- Klik Text watermark dan lakukan hal berikut.
- Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.
- Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color(warna).
- Atur Layout watermark.
- Klik OK bila sudah selesai.
E. Page
Border
Page border adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word. Page boerder akan memberikan kesan kokoh pada sebuah halaman.
Langkah-langkah membuat page border sebagai berikut :
1. Klik page layout pada menu bar
2. Pada group page background, pilih page border.
3. Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela borders and shading.
4. Pada bagian setting, pilih bingkai yang anda inginkan.
5. Selanjutnya buat pengaturan pada style, color, width dan art.
6. Kemudian buat juga pengaturan pada Apply to:
7. Klik ok jika sudah selesai.
F. Smart
Art
SmartArt adalah representasi visual informasi untuk membuat atau memilih tata letak yang cocok dengan beberapa tata letak (seperti bagan organisasi dan diagram Venn) menggambarkan spesifik jenis informasi, saat orang lain hanya meningkatkan tampilan daftar berpoin yang diinginkan.
Langkah pembuatan Smartart sebagai berikut :
1. Pada tab Sisipkan, dalam grup Ilustrasi, klik SmartArt.
2. Dalam kotak dialog Pilih grafik SmartArt, klik tipe dan tata letak yang diinginkan.
3. Masukkan teks Anda dengan melakukan salah satu hal berikut ini:
a). Klik [Teks] di panel Teks, lalu ketikkan teks Anda.
b). Salin teks dari lokasi atau program lain, klik [Teks] di panel Teks, lalu tempelkan teks Anda.
c). Klik dalam kotak pada grafik SmartArt, lalu ketikkan teks.
G. Footnote & Comment.
Footnete adalah catatan kaki dalam
dukumen, biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok
bahasan dalam dokumen, untuk memperjelas maksud dokumen atau meneranngkan
sumbernya.
Langkah-langkah untuk membuat footnote
adalah sebagai berikut :
1. Arahkan kursur kearah tanda footnote
yang dilitakan.
2. Pilih menu Insert-Footnote.
3. Tentukan pilihan footnote yang anda
inginkan :
§ Footnote, dokumen footnote akan
disimpan setiap akhir halaman.
§ Ennote, dokumen footnote akan disimpan
setiap dokumen.
§ Autonumber, jenis footnote dapat
berupa angka.
§ Custom Mark, jenis footnote berupa
syimbol atau karakter khusus.
4. Klik Ok.
Sedangkan Comment adalah Suatu bagian dari kode program yang tidak ikut dibaca / diterjemahkan pada saat proses kompilasi. dengan kata lain, comment tidak akan mempengaruhi jalannya program, karena hanya berguna untuk mempermudahkan kita dalam mengingat dan menjelaskan kode / deskripsi program.
Langkah-langkah membuat Comment sebagai berikut :
1. Klik ganda dokumen Word yang ingin Anda ubah untuk membukanya di Microsoft Word.
2. Klik dan tarik kursor pada bagian teks yang ingin Anda comment, misalnya kalimat.
3. Klik kanan, atau klik dengan dua jari pada teks yang Anda pilih untuk menampilkan menu.
4. Klik New Comment di bagian bawah menu yang muncul.
5. Masukkan komentar Anda. Comment akan tampil di bagian kanan jendela Word.
6. Masukkan komentar Anda. Comment akan tampil di bagian kanan jendela word.
7.Pastikan Anda menyimpan dokumen sebelum menutupnya agar komentar Anda tersimpan.
7.Pastikan Anda menyimpan dokumen sebelum menutupnya agar komentar Anda tersimpan.
Komentar
Posting Komentar