Pengenalan Ms Word 2010, Menu dan Funsi Menu Ms Word 2010

A. Pengenalan Ms Word 2010 


Microsoft Word 2010 adalah suatu aplikasi pengolah kata yang merupakan kelanjutan dari lanjutan dari versi lama atau sebelumnya. Aplikasi pengolah kata produk Microsoft ini  dirancang untuk membantu dalam pekerjaan membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, tabel dan masih banyak lagi dokumen-dokumen yang dapat dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word terutama Microsoft Word 2010

Microsoft Word itu pada awal-awal nya mulai berkembang disetengah dunia ini akan tetapi semakin banyak pengguna yang sudah mulai mempunyai laptop atau computer sendiri-sendiri kata Microsoft Word mulai lah terkenal hingga dipenjuru dunia, Microsoft Word sendiri kebanyakan digunakan untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan yang mengharuskan memakai Microsoft Word ini, biasa digunakan untuk membuat suatu surat, artikel, dan juga brosur atau juga yang lainnya.
Selain itu Microsoft Word juga menyediakan beberapa FASILITAS dimana fasilitas itu sangatlah bermanfaat untuk kita seperti gambar-gambar yang menarik dan juga dokumen yang lucu-lucu, dan kita lah yang melakukan pekerjaannya, seperti hal nya kita dapat mengerjakan rumus-rumus matematika atau pun tentang ilmiah dan semacamnya.
Dan sampai saat ini versi terbaru yang akan semakin nya berkembang dan menyesuaikan pada zaman sekarang yang teknologi nya semakin canggih Microsoft Word 2010.

Adapun Kelebihan dan Kekurangan Ms Word 2010 antara lain sebagai berikut :
  • Kelebihan Ms Word 2010
  1. Fasilitas di dalamnya sudah lengkap jika dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.
  2. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.
  3. Terdapat ‘quick acces toolbar’.
  4. Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.
  5. Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya terlebih dahulu.
  6. Loading lebih cepat dan lebih ringan.
  7. Toolbar ditampilkan secara vertikal sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
  8. Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
  • Kekurangan Ms Word 2010
  1. Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word sebelumnya sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
  2. Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu.
  3.  Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya  perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2010.
  4. Tidak terdapat ‘Office Button.
hjB. Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010
jh     Tab home Ada lima antara lain :
 1Clipboard
  1.  Copy                   : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
  2. Paste                   : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
  3. Cut                      : untuk memotong teks/objek terpilih.
  4. Format Painter    : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen.
  5. Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2     2. Styles
HH            1. Heading Styles  : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih.
          2. Change Styles    : berisi pilihan pengaturan tema paragraph.
      3Paragraph
          1. Bullets                              : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih.
          2. Numbering                       : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih.
          3. Decrease Indent               : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri.
          4. Increase Indent                 : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan.
          5. Left-to-Right                    : untuk menjadikan arah teks berjalan kiri ke kanan (format Latin).
          6.Right-to-Left                    : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab).
          7. Sort                                  : untuk menyortir data.
          8. Show Paragraph Marks    : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf.
          9. Align Text Left                 : untuk mengatur teks rata kiri.
         10. Center                              : untuk mengatur teks rata tengah.
         11. Align Text Right              : untuk mengatur teks rata kanan.
         12. Justify                              : untuk mengatur teks rata kanan-kiri.
         13.  Line Spacing                    : untuk mengatur jarak antar baris teks.
         14. Shading                            : untuk mengatur warna latar teks terpilih.
         15. Border                             : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

       4. Font

  1. Font                                 : untuk memilih jenis huruf.
  2.  Font Size                        : untuk mengatur ukuran huruf.
  3. Grow Font                       : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan.
  4. Shrink Font                     : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan.
  5. Change Case                   : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil.
  6. Clear Formatting             : untuk menghapus pemformatan teks terpilih.
  7. Bold                                : untuk menebalkan teks terpilih.
  8. Italic                               : untuk memiringkan Teks terpilih.
  9. Underline                       : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih.
  10. Strikethrough                 : memberikan tanda coret pada teks terpilih.
  11. Subscript                        : untuk mengetik karakter di bawah garis.
  12. Superscript                     : untuk mengetik karakter pemangkatan.
  13. Text Effect                      : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih.
  14. Text Highlight Color      : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih.
  15. Font Color                      : untuk mengatur warna teks terpilih.

5. Editing


yØ               1 Find          : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file.
                2 .Replace     : untuk mencari dan mengganti kata  tertentu  dalam suatu file.
                3. Select        : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file.
hhhh    
            Tab Inset Ada 7 antara lain :
uugg    1.  Links

               1. Hyperlink                : digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain.
               2. Bookmark               : digunakan membuat penanda buku.
               3. Cross-Reference     : digunakan untuk membuat referensi antar file.

2.  Header & Footer

    1. Header                    : digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file.
    2. Footer                     : digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file.
    3. Page Number          : digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman.

3.  Text

    1. Text Box                 : digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks.
    2. Quick Parts             : digunakan untuk mengatur teks otomatis dll.
    3. WordArt                  : digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik.
    4. Drop Cap                : digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf.
    5. Signature Line        : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital.
    6. Date & Time           : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini.
    7. Object                     : digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE 

4.        Symbols

    1. Equation                  : digunakan untuk menyisipkan simbol persamaan bidang matematika.
    2. Symbol                    : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.


   1.          5. Pages
                1. Cover Page             : digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
                2. Blank Page             : untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen.
                3. Break Page             : untuk memisah suatu halaman file dokumen.

 6. Tables

     1. Insert Table                : untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table.
     2. Draw Table                : untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen.
     3. Convert Text to Table: digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
     4. Excel Spreadsheet     : untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel.
     5. Quick Tables             : untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya.

 7. Illustration
     1. Picture                : digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer.
     2. Clip Art              : untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program.
     3. Shapes                : digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape.
     4. SmartArt            : digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization.
     5. Chart                  : digunakan untuk menyisipkan diagram.
     6. Screenshot         : digunakan untuk mengambil gambar dari hasil print screen.


Tab Reference Ada 5 antara lain :


1.        Table of Contens

1. Table of Contens   : digunakan untuk pengelolaan daftar isi.
2. Add Text               : digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
3. Update Table         : digunakan untuk memperbarui daftar isi.

2.        Footnotes

1.Insert Footnote       : digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
2. Insert Endnote       : digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
3. Next Footnote       : digunakan untuk memantau footnote dan endnote.
4. Show Notes           : digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan,  footnote & endnote.

3.        Citations & Bibliography

1. Insert Citation       : digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
2. Manage Source    : digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
3. Style                      : berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
4. Bibliography         : digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.

4.        Captions

1. Insert Caption                : digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi 
2. Insert Table of Figures  : digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan 
3. Update Table                 : digunakan untuk melakukan pembaruan daftar katalog gambar.
4. Cross-reference             : berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.

5.        Index

1. Mark Entry                   : digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
2. Insert Index                  : digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.

3. Update Index                : digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.


Tab Review Ada 7 antara lain :

1.    Proofing

1. Spelling & Grammar          : menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks 
2. Research                             : untuk mengetahui data pengulangan.
3. Thesaurus                           : untuk mengecek ulang pembendaharaan.
4. Word Count                        : memberikan data statistik tentang jumlah halaman, karakter dll

2.        Language

1. Translate           : untuk menterjemahkan atau mentranslit data.
2.  Language          : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa.

3.        Comments

1. New Comment           : untuk membuka lembar baru pada menyisipkan komentar.
2.  Delete                        : untuk menghapus data.
3.  Previous                     : untuk melihat ulang data yang lebih dahulu.
4.  Next                          : untuk melanjutkan kerja.

4.       Grup Tracking

1. Track Changes                 : menandai teks yang baru diubah sisinya.
2.  Final: Show Markup       : untuk menampilkan tanda finising atau selesai.
3. Show Markup                  : untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan.
4. Reviewing Pane               : untuk mengecek ulang tulisan.

5.      Grup Changes

1. Accept              : untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima.
2.  Reject              : untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang.
3. Previous           : untuk melihat ulang data yang lebih dahulu.
4. Next                 : untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya.

6.     Compare

1. Compare                   : untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data.

7.        Protect

1. Block Authors          : untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku.

2. Restrict Editing        : untuk mengedit lah yang terbatas.


Tab View Ada 5 antara lain :


1.        Documant Views

1. Print Layout                  : mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view.
2. Full Screen Reading     : menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.
3. Web Layout                  : mengubah tampilan layar dalam bentuk web view.
4. Document Views          : menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar.
5. Outline                         : mengubah tampilan layar ke bentuk outline view.
6.  Draft                            : untuk menulis surat perintah.

2.        Show

1. Ruler                            : menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur.
2. Gridlines                      : untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja.
3.  Navigation Pane          : untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan.

3.        Zoom

1. Zoom                           : menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar.
2. 100%                           : untuk membuka satu halaman.
4. Two Page                     : untuk membuka dua halaman.
5.  Page Width                  : untuk mengetahui ukuran halaman.

4.       Window

1. New Window                       : untuk membuka jendela baru.
2. Arrange All                          : mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen.
3. Split                              : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan.
4. View Side by Side               : untuk melihat data yang telah disembunyikan.
5. Synchronous Scrolling        : untuk mengatur jarak antar baris.
6. Switch Windows                 : untuk membuat beberapa jendela.

5.      Macros

1. Macros          : untuk membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman.

.Tab Page Layout Ada 5 antara lain :


1.     Themes

     1. Themes      : digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman
     2. Color          : digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
     3. Fonts          : digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen 
     4. Effect         : digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape.

2.    Page Setup

     1. Margins            : digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
     2. Orientation       : digunakan untuk mengatur posisi kertas.
     3. Size                  : digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
     4. Columns           : digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
     5. Breaks              : digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
     6.  Line Numbers  : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
     7. Hypenation       : digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

3.    Page Background
     1. Watermark       : digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
     2.  Page Color      : digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
     3. Page Borders   : digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.

4.    Paragraph
     1. Indent              : digunakan untuk mengatur batas teks.
     2. Spacing            : digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.

5.    Arrange
     1. Position                    : digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman.
     2. Wrap text                 : digunakan untuk mengatur posisi objek dalam paragraf teks.
     3. Bring Forward         : digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya.
     4. Send Backward       : digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya.
     5. Selection Pane         : menampilkan panel navigasi objek.
     6. Align                       : digunakan untuk mengatur posisi objek lepas.
     7. Group                      : digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup.
     8. Rotate                      : digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art & Watermark, Page border, Smart art, Footnote & Comment

Tutorial menggunakan Faselitas Mail Merge Microsoft word dlm membuat Surat Masal

Trik menggunakan Pivotable dan Pivotchart